Dunia IT







Access Point

Access Point merupakan perangkat yang berfungsi sebagai penghubung antar wireless client dalam suatu jaringan wireless. Fungsi alat ini mirip dengan HUB/Switch dalam jaringan kabel. Access point juga dapat dihubungkan ke jaringan kabel agar komputer pada jaringan wireless bisa mengakses komputer pada jaringan kabel yang terhubung ke access point.

Bandwith

Bandwith adalah kecepatan maksimal yang dapat digunakan untuk melakukan transfer (proses menerima dan mengirim) data antar-komputer dalam suatu jaringan atau internet.

DNS

DNS atau Domain Name Server adalah server yang bertugas untuk menangani pemetaan alamat IP (Internet Protocol) dan Hostname serta email. DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya.

Firewall
Firewall adalah sistem yang diterapkan baik terhadap hardware, software ataupun sistem itu sendiri bertujuan untuk melindungi, baik dengan cara menyaring, membatasi atau bahkan menolak aktifitas suatu segmen pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya. Segmen tersebut bisa berupa workstation, server, router, atau local area network (LAN).

Gateway
Istilah gateway merujuk kepada hardware atau software yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda-beda. Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan sistem yang berbeda.

IDE/ Integrated Devide Elektronic

Suatu jenis interface disk yang menempatkan elektronik pengendaliannya di dalam drive itu sendiri.

IP Address
IP Address atau Alamat Internet Protocol adalah sistem identifikasi alamat di network yang diwakilkan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing di pisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.

Log-on atau Log-in

Proses awal ‘menggunakan’ suatu komputer jaringan yang ditandai dengan mengidentifikasi kata sendi pengguna yang dikenal komputer jaringan.

Modem

Singkatan dari modulator/demodulator; alat komunikasi yang memungkinkan komputer mengirimkan informasi melalui saluran jaringan telepon.

Motherboard

Komponen terbesar di dalam PC. Disebut ‘mother’ karena papan ini menjadi tempat seluruh komponen PC seperti prosesor, memori utama, rangkaian pendukung dan bus controller.

Multiuser system

Sistem komputer yang dapat dipakai oleh lebih dari satu orang.

Network
Network adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet adalah salah satunya.

Offline

Status dimana suatu alat tidak dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.

Online

Aktif dan siap untuk operasi, dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.

Peripheral

Istilah dalam komputer yang digunakan untuk peralatan seperti penggerak disk (disket/CD/DVROM), printer, modem dan lainnya yang dihubungkan ke komputer dan dikendalikan oleh prosesornya.

Port

Soket pada hardware komputer, disebut juga konektor input/ output; yaitu tempat untuk meneruskan data masuk dan keluar  melalui kabel. Contoh : Port COM1,2,3 dst, LPT1,2,3 dst

Power Supply

Alat yang mengubah listrik dari soket listrik menjadi tegangan yang lebih rendah (khususnya 5 sampai 12 volt DC) yang dibutuhkan oleh sistem komputer.

Prosesor

Disebut juga unit pemrosesan pusat chip tunggal, yaitu alat yang menterjemahkan dan melaksanakan instruksi-instruki yang melaluinya, atau alat yang berfungsi sebagai otak komputer.

Protokol

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya.

Proxy Server
Proxy server bekerja dengan menjembatani komputer ke Internet. Program Internet seperti browser, download manager dan lain-lain berhubungan dengan proxy server, dan proxy server tersebut yang akan berkomunikasi dengan server lain di Internet.

Shareware

Program yang boleh digunakan  untuk jangka waktu percobaan tertentu.

TCP/IP
Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Satu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan identifikasi alamat lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan, lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. TCP/IP harus dapat bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

Telnet

Telnet adalah protokol yang digunakan untuk menghubungi host yang berada jauh dari sebuah terminal. Koneksi ke host dari sebuah terminal yang menggunakan telnet dilakukan melalui internet. Setelah koneksi dilakukan, maka pengguna pada teminal dapat mengakses dan bekerja pada mesin yang dihubungi dengan Telnet.

Universal Serial Bus/ USB

Kombinasi hardware, software dan kabel listrik yang menghasilkan suatu cara berkomunikasi antara semua bagian komputer yang berlainan secara universal, satu per satu.

URL

URL atau Uniform Resorce Locator adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen, video, musik dan gambar di Internet.

VGA/ Video Graphic Array

Merupakan video adapter yang diperkenalkan oleh IBM pada 1987, yang menduplikasikan sampel suatu variabel berupa titik-titik gambar . Makin tinggi  rate ( dpi = dot per inch ) maka  kerapatan hasil digitalisasi menyerupai aslinya.

Wi-Fi
Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity yang memiliki pengertian yaitu komplotan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Awalnya istilah Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.

ZIP

Extensi/on  nama file yang mengindikasikan bahwa file tersebut sudah dikompres oleh suatu program melalui compression algorithm sehingga ukurannya lebih kecil dari 1 atau lebih file. Contoh programnya : PKZIP, WKZIP, NCommander ZIP dll

*) Diolah dari berbagai sumber. Istilah lainnya segera menyusul.


W3Counter